1. PENDAHULUAN
Salam
hangat untuk seluruh masyarakat Nusantara khususnya,,,,,,,,,,,,,,,
Dan seluruh bangsa
Adam di dunia fana ini,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Puji syukur kehadirat Tuhan YME,,, Allah SWT karena
kini saya dapat mempostingkan kembali
sedikit goresan – goresan penuh makna yang dahulu telah cukup lama
vacum.
Sekarang kita akan mengupas tuntas tentang
HARDWARE dan SOFTWARE Komputer.
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang
terdiridari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta
membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan
teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan
serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun
program yang diberikan kepadanya.Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer
memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerjasama, dan bagian-bagain itu
baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya.
2.
ISI
2.1.1.
PENGERTIAN HARDWARE KOMPUTER.
Hardware atau
Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh
secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware
atau Perangkat Keras.
Hardware
berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan initerdiri atas 3
jenis, yaitu:1. Perangkat masukan (Input
device)Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks,
foto,maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard,mouse,
light-pen, scanner, dan sebagainya.2. perangkat keluaran (Output
device)perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data
yangdikeluarkan, misalnya monitor dan printer.3. Perangkat pengolah data
(Processor)Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah
data meliputiunit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga
mikroprosesor.
Istilah
mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaankomponen kemudian
dikenal sebagai hardware
komputer atau perangkat keraskomputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai
peralatan pisik darikomputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat
dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Perangkat keras, merupakan salah satu
element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam
bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakanperangkat yang dapat
kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, sepertiperangkat perangkat masukan (input), perangkat pemroses (inter mediate), maupun perangkat keluaran (output). Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerjaberdasarkan perintah yang ada
padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan
adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintahtersebut
melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut
sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:
gambar: printer Canon (Perangkat Output)
- Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
- Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.
- Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
2.1.1.PENGERTIAN SOFTWARE KOMPUTER.
Software atau
Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang
doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa
Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi
terdapat dalam sebuah komputer.
Komputer tidak mungkin bisa bekerja
tanpa adanyaprogram yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa
suatu prosedurpeng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai
prosedur dalam halpemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan
program-program inilah yang kemudian
disebut sebagai software komputer atau
perangkat lunak komputer.
Menurut istilah baku, software adalah
perangkat lunak dan setelah di-editsoftware
mempunyai arti piranti lunak, perangkat
lunak; program komputer.Arti istilah
software dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut: Disebut jugadengan perangkat lunak, merupakan kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusioleh mesin komputer dalam menjalankan
pekerjaannya. Perangkat lunak inimerupakan
catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang
disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh
perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untukmenjalankan
perintah yang dijalankannya.Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah
suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat
lunak, yang disebut juga dengan programbeserta data-data yang diolahnya.
Pengolahan pada software ini melibatkanbeberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data.
Software inimengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada
dapat dimengerti oleh mesinkomputer. Dalam arti yang paling luas, software
komputer bisa diartikan sebagaisuatu
prosedur pengoperasian. Suatu acara yang
ditayangkan oleh TVRI, dapatdianggap
sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas
kertas, serta cerita ataupunuraian yang ada didalam sebuah buku.Secara prinsip,
komputer hanyalah merupakan sebuah alat. Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Contoh dari Software adalah sebagai
berikut:
gambar: LibreOffice
- Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
- Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.
Hubungan
Antara Hardware, Software, dan Brainware.
gambar: hubungan Hardware,
Software, dan Brainware
Pengertian Hardware, Software, dan
Brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.
Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk
menciptakan sebuah komputer yang berguna.
Hardware atau
Perangkat Keras komputer apabila ada tanpa Software, maka komputer
hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena Software tercipta untuk
mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah
komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
Apabila Hardware dan Software
komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk
mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak
memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi,
Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan
komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat
menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun sebuah komputer yang
memiliki fungsionalitas dan berguna bagi manusia.
2.2.1. SEJARAH HARDWARE KOMPUTER.
Charles Babbage adalah seorang ahli
matematika bangsa inggris. Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut
difference engine pada tahun 1822. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung
tabel-tabel matematika.
Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis.
Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa genarasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah (user frendly).
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.
Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis.
Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa genarasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah (user frendly).
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.
2.2.2. SEJARAH
SOFTWARE KOMPUTER.
Teori pertama tentang Software
Komputer diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi
dengan aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem [3] Istilah
“Software” istilah pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada
tahun 1958.. [4 ] bahasa sehari-hari, istilah ini sering digunakan untuk
berarti Software aplikasi. Dalam ilmu komputer dan rekayasa Software, Software
adalah semua informasi diproses oleh program sistem komputer, dan data. [4]
bidang akademik mempelajari Software yang ilmu komputer dan rekayasa perangkat
lunak.
Sejarah Software komputer yang paling
sering ditelusuri kembali ke bug Software komputer pertama pada tahun 1946
[rujukan?]. Sebagai program semakin banyak memasuki bidang firmware, dan
perangkat keras itu sendiri menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih cepat
seperti yang diperkirakan oleh hukum Moore, elemen komputasi pertama dianggap
Software, bergabung dengan barisan hardware. Sebagian besar perangkat keras
perusahaan ini memiliki programer Software lebih lanjut tentang gaji dari
desainer hardware [rujukan?], karena Software memiliki banyak tugas otomatis
insinyur papan sirkuit tercetak. Sama seperti industri Otomatis, industri
Software telah berkembang dari beberapa visioner beroperasi dari garasi mereka
dengan prototipe. Steve Jobs dan Bill Gates adalah Henry Ford dan Louis
Chevrolet kali mereka [rujukan?], Yang memanfaatkan ide-ide sudah biasa dikenal
sebelum mereka mulai dalam bisnis. Dalam hal pengembangan Software, saat ini
umumnya setuju untuk publikasi pada tahun 1980 dari spesifikasi untuk IBM
Personal Computer diterbitkan oleh karyawan IBM Philip Don Estridge. Hari ini
pindah akan dianggap sebagai jenis orang-sourcing.
Sampai saat itu, Software telah dibundel dengan hardware oleh produsen peralatan Original (OEM) seperti Data General, Digital Equipment dan IBM [rujukan?]. Ketika seorang pelanggan membeli sebuah komputer mini, pada saat itu komputer terkecil di pasaran, komputer tidak datang dengan software pra-instal, tetapi harus diinstal oleh insinyur dipekerjakan oleh OEM. Perusahaan hardware komputer tidak hanya paket Software mereka, mereka juga ditempatkan tuntutan pada lokasi hardware di ruang berpendingin disebut ruang komputer. Sebagian besar perusahaan Software komputer mereka pada buku-buku untuk 0 dolar, tidak dapat mengklaim sebagai aset (ini mirip dengan pembiayaan musik populer pada masa itu). Ketika Data General memperkenalkan Data General Nova, sebuah perusahaan bernama Digidyne ingin menggunakan sistem RDOS operasinya pada clone hardware sendiri. Data General menolak untuk lisensi Software komputer mereka (yang sulit untuk dilakukan, karena itu pada buku-buku sebagai aset gratis), dan mengklaim mereka “hak bundling”. Mahkamah Agung preseden yang disebut Digidyne v. Data General pada tahun 1985. Mahkamah Agung membolehkan berdiri sirkuit keputusan 9, dan Data General akhirnya dipaksa lisensi Software Sistem Operasi karena memutuskan bahwa membatasi lisensi untuk hardware DG hanya merupakan pengaturan ikatan ilegal [5]. Segera setelah itu, IBM ‘diterbitkan’ nya DOS sumber bebas, dan Microsoft dilahirkan. Tidak dapat mempertahankan kerugian dari biaya pengacara, Data General berakhir dengan diambil alih oleh EMC Corporation. Keputusan Mahkamah Agung memungkinkan untuk Software nilai, dan juga membeli paten Software. Langkah oleh IBM adalah hampir protes pada saat itu. Beberapa di industri percaya bahwa setiap orang akan keuntungan dari itu selain IBM (melalui publisitas gratis). Microsoft dan Apple mampu sehingga uang tunai di ‘lembut’ produk. Sulit membayangkan hari ini bahwa orang pernah merasa Software komputer yang tidak berharga tanpa mesin. Ada banyak perusahaan-perusahaan sukses sekarang ini yang menjual produk-produk Software komputer saja, meskipun masih banyak masalah lisensi Software komputer umum karena kompleksitas desain dan dokumentasi yang buruk, yang menyebabkan troll paten.
Dengan spesifikasi Software yang terbuka dan kemungkinan lisensi Software komputer, peluang baru muncul untuk Software komputer yang kemudian menjadi standar de facto, seperti DOS untuk sistem operasi, tetapi juga berbagai program pengolah kata dan spreadsheet proprietary. Dalam pola pertumbuhan yang sama, metode pengembangan kepemilikan menjadi standar metodologi pengembangan Software.
Sampai saat itu, Software telah dibundel dengan hardware oleh produsen peralatan Original (OEM) seperti Data General, Digital Equipment dan IBM [rujukan?]. Ketika seorang pelanggan membeli sebuah komputer mini, pada saat itu komputer terkecil di pasaran, komputer tidak datang dengan software pra-instal, tetapi harus diinstal oleh insinyur dipekerjakan oleh OEM. Perusahaan hardware komputer tidak hanya paket Software mereka, mereka juga ditempatkan tuntutan pada lokasi hardware di ruang berpendingin disebut ruang komputer. Sebagian besar perusahaan Software komputer mereka pada buku-buku untuk 0 dolar, tidak dapat mengklaim sebagai aset (ini mirip dengan pembiayaan musik populer pada masa itu). Ketika Data General memperkenalkan Data General Nova, sebuah perusahaan bernama Digidyne ingin menggunakan sistem RDOS operasinya pada clone hardware sendiri. Data General menolak untuk lisensi Software komputer mereka (yang sulit untuk dilakukan, karena itu pada buku-buku sebagai aset gratis), dan mengklaim mereka “hak bundling”. Mahkamah Agung preseden yang disebut Digidyne v. Data General pada tahun 1985. Mahkamah Agung membolehkan berdiri sirkuit keputusan 9, dan Data General akhirnya dipaksa lisensi Software Sistem Operasi karena memutuskan bahwa membatasi lisensi untuk hardware DG hanya merupakan pengaturan ikatan ilegal [5]. Segera setelah itu, IBM ‘diterbitkan’ nya DOS sumber bebas, dan Microsoft dilahirkan. Tidak dapat mempertahankan kerugian dari biaya pengacara, Data General berakhir dengan diambil alih oleh EMC Corporation. Keputusan Mahkamah Agung memungkinkan untuk Software nilai, dan juga membeli paten Software. Langkah oleh IBM adalah hampir protes pada saat itu. Beberapa di industri percaya bahwa setiap orang akan keuntungan dari itu selain IBM (melalui publisitas gratis). Microsoft dan Apple mampu sehingga uang tunai di ‘lembut’ produk. Sulit membayangkan hari ini bahwa orang pernah merasa Software komputer yang tidak berharga tanpa mesin. Ada banyak perusahaan-perusahaan sukses sekarang ini yang menjual produk-produk Software komputer saja, meskipun masih banyak masalah lisensi Software komputer umum karena kompleksitas desain dan dokumentasi yang buruk, yang menyebabkan troll paten.
Dengan spesifikasi Software yang terbuka dan kemungkinan lisensi Software komputer, peluang baru muncul untuk Software komputer yang kemudian menjadi standar de facto, seperti DOS untuk sistem operasi, tetapi juga berbagai program pengolah kata dan spreadsheet proprietary. Dalam pola pertumbuhan yang sama, metode pengembangan kepemilikan menjadi standar metodologi pengembangan Software.
2.3.1. PERKEMBANGAN HARDWARE KOMPUTER.
Alat pengolah
data, mulai dari yang sederhana dapat dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu ;
1.Alat
manual, menggunakan
alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting.
2.Alat
mekanik, alat
mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan.
3.Alat
mekanik elektronik, alat mekanik yang digerakkan oleh motor
elektronik.
4.Alat elektronik, alat
yang bekerja secara elektronik.
Charles Babbage adalah seorang ahli
matematika bangsa inggris. Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut
difference engine pada tahun 1822. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung
tabel-tabel matematika.
pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis.
Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan komputer secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa generasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah (user frendly).
pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis.
Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan komputer secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa generasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah (user frendly).
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956,
generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini
membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya
panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk
menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
Generasi 2 : pada tahun 1957-1963.
Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan
proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan
mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb
dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar